Hukum Perdata Islam : Pengertian Hukum Perdata Islam

Hukum Perdata Islam : Pengertian Hukum Perdata Islam

Hukum Sumber Hukum


Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Pengertian Hukum Perdata Islam. Tentu kalian bertanya apa sih sebanarnya Pengertian Hukum Perdata Islam. Untuk lebih lanjut akan dibahas dalam tulisan ini.

Pengertian Hukum Perdata Islam adalah norma hukum yang memuat : (1) Hukum perkawinan dalam islam (2) hukum waris islam. Pengertian Hukum Perdata Islam secara khusus ialah mengatur masalah kebendaan dan hak-hak atas benda, aturan tentang jual beli, sewa-menyewa, pinjam-meminjam, persyarikatan (kerja sama bagi hasil), pengalihan hak dan segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksi.

Dari pengertian Hukum Perdata Islam diatas, dapat diketahui dan dipahami bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan hukum perkawinan, hukum waris islam, dan pengaturan masalah kebendaan dan hak-hak atas benda, aturan jual-beli, sewa-menyewa, pinjam-meminjam, persyarikatan (kerja sama bagi hasil), pengalihan hak dan segala yang berkaitan dengan transaksi.

Selain Pengertian Hukum Perdata islam, perlu juga diungkapkan bahwa Hukum Islam mengatur hubungan antara manusia dengan Penciptanya (Tuhan), antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Aturan yang mengatur antara manusia dengan Tuhannya disebut kaidah ibadah, dimana aturan yang mengatur antara anggota masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya, satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya disebut kaidah muamalah dan aturan yang mengatur hubungan antara manusia dengan lingkungan hidupnya disebut kaidah hukum alam atau kaidah sunatullah.

Sumber: Buku Hukum Perdata Islam Yang Digunakan dalam penulisan ini:

- Zainuddin Ali, 2012. Hukum Perdata Islam di Indonesia. Yang Menerbitkan PT Sinar Grafika: Jakarta.
Pengertian Hukum Perdata Islam
Gambar Pengertian Hukum Perdata Islam

Labels: