Sumber-sumber Hukum Pidana Islam

Sumber-sumber Hukum Pidana Islam

Hukum Sumber Hukum


Sumber-sumber hukum pidana islam bertujuan untuk memahami sumber nilai ajaran agama islam yang dijadikan petunjuk kehidupan manusia yang harus ditaatinya. Tujuan dari sumber hukum pidana islam antara lain :
1. Sistematika & hubungan sumber-sumber ajaran agama Islam dan kedudukan al-quran sebagai pedoman dan kerangka kegiatan umat Islam;
2. Mempelajari arti dan fungsi dari As-sunnah sebagai suatu penjelasan autentik Al-quran dan perannya sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia muslim;
3. Membahas kedudukan dari akal pikiran manusia yang belum memenuhi syarat untuk melaksanakan ijthad.


Selain itu diungkapkan peran ijtihad sebagai sumber pengembangan nilai ajaran islam dan sumber-sumber hukum pidana islam. sistematika dari sumber ajaran hukum Islam terdiri atas :

1. Alquran
Sumber hukum pidana islam yaitu al-quran adalah sumber ajaran islam yang pertama, dimana memuat kumpulan dari wahyu-wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Diantara kandungan isi Al-quran ialah peraturan-peraturan hidup untuk mengatur kehidupan manusia dalam hubungannya dengan Allah, dengan perkembangan dirinya, hubungannya dengan sesama manusia dan hubungannya dengan alam beserta makhluk lainnya.

2. Sunnah
Sunnah sebagai Sumber hukum pidana islam merupakan sumber ajaran Islam yang kedua, karena hal-hal yang diungkapkan Alquran yang bersifat umum atau memerlukan penjelasan, maka Nabi Muhammad SAW menjelaskan melalu sunnah. Sunnah diartikan sebagai perbuatan, perkataan dan perizinan Nabi Muhammad SAW.

3. Ar-Ra'yu
Sumber hukum pidana islam yang terakhir yaitu Ar-Ra'yu ialah sumber ajaran Islam yang ketiga. Penggunaan akal (penalaran) manusia dalam menginterpretasi ayat-ayat Alquran dan sunnah yang masih bersifat umum.  Dalam hal ini ahli hukum Islam yang menerjemahkannya karena memerlukan penalaran manusia.

Buku Hukum Pidana Islam Yang dipakai dalam penulisan ini :


- Zainuddin Ali, 2009. Hukum Pidana Islam. Yang menerbitkan Sinar Grafika: Jakarta.
Sumber Hukum Pidana Islam
Gambar Sumber Hukum Pidana Islam

Labels: