Sumber Hukum Ketenagakerjaan : Traktat

Sumber Hukum Ketenagakerjaan : Traktat

Hukum Sumber Hukum


Traktat merupakan salah satu dari Sumber hukum ketenagakerjaan, dimana Pengertian Traktat adalah perjanjian yang dilakukan oleh dua negara atau lebih.

Hingga saat ini Indonesia belum pernah mengadakan perjanjian dengan negara lain yang berkaitan dengan Hukum Ketenagakerjaan. Meskipun demikian, di dalam Hukum Internasional ada suatu pranata yang semacam traktat, yaitu convention. Pada hakikatnya Konvensi ini merupakan rencana perjanjian internasional dibidang Ketenagakerjaan yang ditetapkan oleh Konferensi Internasional ILO (International Labour Organization).

Meskipun Indonesia sebagai anggota ILO, tidak secara otomatis konvensi tersebut mengikat Indonesia. Supaya mengikat, konvensi tersebut harus diratifikasi oleh Indonesia. Pada saat ini ada tiga konvensi yang diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia :
1. Konvensi No. 98 tentang berlakunya dasar-dasar hak untuk berorganisasi dan untuk berunding, yakni terdapat di dalam Undang-undang No. 18 Tahun 1956;
2. Konvensi No. 100 mengenai pengupahan yang sama bagi buruh laki-laki dan perempuan untuk pekerjaan yang sama nilainya, yaitu pada Undang-undang No. 80 Tahun 1957;
3. Konvensi No. 120 yang membahas mengenai Hygiene dalam perniagaan dan kantor-kantor, yang tercantum dalam UU No. 3 Tahun 1969.

Sekian tulisan saya mengenai traktat sebagai sumber hukum ketenagakerjaan, semoga tulisan saya mengenai traktat sebagai sumber hukum ketenagakerjaan dapat bermanfaat.

Buku Hukum Ketenagakerjaan Yang Dipakai Dalam Penulisan ini:

- A. Rachmad Budiono, 1995. Hukum Perburuhan di Indonesia. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Traktat
Gambar Trakatat

Labels: