Sumber Hukum Ketenagakerjaan : Perundang-undangan

Sumber Hukum Ketenagakerjaan : Perundang-undangan

Hukum Sumber Hukum


Sumber hukum ketenagakerjaan yaitu perundang-undangan, dikatakan perundang-undangan dikarenakan yang akan ditunjuk adalah baik undang-undang maupun peraturan lain di bawah undang-undang. Dalam hal ini Undang-undang merupakan unsur penting dalam keseluruhan dari semua sumber hukum, juga termasuk dalam sumber hukum ketenagakerjaan.

Berdasarkan pasal II Aturan Peralihan Undang-undang Dasar 1945, dimana semua peraturan yang berlaku sebelum kemerdekaan indonesia masih tetap berlaku sebelum diadakan peraturan yang baru. Karena dalam kenyataannya belum banyak peraturan yang dikeluarkan pada masa Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda berlaku hingga sekarang.

Setelah Indonesia Merdeka, belum banyak undang-undang mengenai Hukum Ketenagakerjaan yang dihasilkan. Yang perlu dicatat, rupanya politik hukum yang mengacu pada unifikasi hukum. Beberapa undang-undang yang lahir setelah kemerdekaan misalnya UU nomor 22 Tahun 1957 tentang penyelesaian perselisihan perburuhan, undang-undang No. 12 tahun 1964 tetang pemutusan hubungan kerja di perusahaan swasta, ketentuan-ketentuan pokok tentang tenaga kerja dalam undang-undang No. 14 Tahun 1969 dan uu No 3 Tahun 1992 mengenai jaminan sosial tenaga kerja.

Buku Hukum Ketenagakerjaan Yang dipakai Dalam Penulisan ini:

- A. Rachmad Budiono, 1995. Hukum Perburuhan di Indonesia. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sumber Hukum Ketenagakerjaan
Gambar Sumber Hukum Ketenagakerjaan

Labels: