Sumber Hukum Ketenagakerjaan : Perjanjian

Sumber Hukum Ketenagakerjaan : Perjanjian

Hukum Sumber Hukum


Perjanjian yang merupakan Sumber Hukum Ketenagakerjaan, baik meliputi perjanjian kerja maupun dalam perjanjian perburuhan.

Perjanjian kerja sebagaimana juga pada perjanjian-perjanjian lainnya, hanya mengikat pihak-pihak yang ada di dalamnya, yaitu majikan dan pekerja. Meskipun isi perjanjian kerja dalam hukum ketenagakerjaan sangat beraneka ragam, tetapi dalam keanekaragaman isi tersebut dijumpai pula hal-hal yang hampir selalu ada, contoh perjanjian dalam hukum ketenagakerjaan yang sering kita temukan yaitu tentang cara dan bentuk pengupahannya.

Secara sederhana Pengertian Perjanjian Perburuhan dalam hukum ketenagakerjaan dapat dirumuskan sebagai berikut: Perjanjian antara serikat pekerja dengan majikan mengenai syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam perjanjian kerja. Sebagai sumber hukum ketenagakerjaan, perjanjian perburuhan lebih mengedepankan daripada perjanjian kerja.

Profesor Iman Soepomo menegaskan, karena banyaknya pihak yang terikat oleh perjanjian kerja, kadang-kadang perjanjian kerja mempunyai kekuatan hukum seperti undang-undang.

Demikianlah pembahasan mengenai sumber hukum ketenagakerjaan, semoga tulisan saya mengenai sumber hukum ketenagakerjaan dapat bermanfaat.

Buku Hukum Ketenagakerjaan Yang Dipakai Dalam Penulisan ini :

- A. Rachmad Budiono, 1995. Hukum Perburuhan di Indonesia. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hukum Ketenagakerjaan
Gambar Hukum Ketenagakerjaan

Labels: