Sumber Hukum Islam : Penggunaan Akal

Sumber Hukum Islam : Penggunaan Akal

Hukum Sumber Hukum

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai Penggunaan akal sebagai sumber hukum islam.

Penggunaan akal merupakan salah satu dari Sumber hukum islam, Penggunaan akal biasa disebut ar-ra'yu. Ar-ra'yu dalam bahasa Arab yang berakar kata ra'a yang berarti melihat, Ar-ra'yu berarti penglihatan. Penglihatan di sini adalah penglihatan akal, bukan penglihatan mata, sekalipun penglihatan mata seringkali sebagai alat bantu untuk terbentuk penglihatan akal, sebagaimana halnya pendengaran, perasaan, perabaan dan sebagainya.

Sumber hukum islam ar-ra'yu atau Penggunaan akal terbentuk sebagai hasil suatu proses yang terjadi pada otak manusia setelah terlebih dahulu mendapatkan masukan. Masukan-masukan yang dimaksud dapat terjadi pada saat sebelum dan sesudah terjadi proses pemikiran. Proses pemikiran ini amat tergantung kepada masukan atau proses asosiasi, menganalisis dan membuat sintesis yang akan melahirkan suatu kesimpulan.

Demikianlah pembahasan mengenai Penggunaan akal sebagai sumber hukum islam, semoga tulisan saya mengenai Penggunaan akal sebagai sumber hukum islam dapat bermanfaat.

Sumber: Buku dalam penulisan penggunaan akal sebagai sumber hukum islam:

- Zainuddin Ali, 2009. Hukum Pidana Islam. Penerbit Sinar Grafika: Jakarta.
Sumber Hukum Islam
Gambar Sumber Hukum Islam

Labels: