Sistem Ekonomi Islam : Perbedaan Sistem Ekonomi Islam dengan Sistem Ekonomi Yang Lainnya

Sistem Ekonomi Islam : Perbedaan Sistem Ekonomi Islam dengan Sistem Ekonomi Yang Lainnya

Hukum Sumber Hukum


Sistem Ekonomi Islam adalah Sistem Ekonomi yang mandiri dan terlepas dari sistem ekonomi yang lainnya. Adapun yang membedakan antara Sistem ekonomi islam dengan sistem ekonomi lainnya adalah sebagaimana diungkapkan oleh Suroso Imam Zadjuli dalam Achmad Ramzy Tadjoedin :

1. Asumsi dasar/ norma pokok ataupun aturan main dalam proses maupun interaksi kegiatan ekonomi yang diberlakukan di masyarakat. Dalam sistem ekonomi islam yang dijadikan asumsi dasarnya ialah "syari'at Islam". Syari'at Islam ini diberlakukan secara menyeluruh (kaffah/ totalitas) baik terhadap individu, kelompok masyarakat, keluarga, usahawan maupun penguasa/ pemerintah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik untuk keperluan jasmani maupun rohani.

2. Prinsip ekonomi islam merupakan penerapan asas efisiensi dan manfaat dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan alam.

3. Motif ekonomi islam dalam hukum islam diartikan sebagai orang mencari "keberuntungan" di dunia dan di akhirat selaku khalifatullah dengan jalan beribadat dalam arti yang luas.

Sumber: buku Hukum Ekonomi Islam yang dipakai dalam penulisan ini:

- Suhrawardi K. Lubis, 2000. Hukum Ekonomi Islam. Penerbit PT Sinar Grafika: Jakarta.
Sistem Ekonomi Islam
Gambar Sistem Ekonomi Islam

Labels: