Pengertian Perdagangan Manusia: Menurut Protokol PBB

Pengertian Perdagangan Manusia: Menurut Protokol PBB

Hukum Sumber Hukum


Sebelum Undang-undang Tindak Pidana disahkan beberapa waktu yang lalu, Pengertian tindak pidana perdagangan manusia yang umum paling banyak digunakan ialah pengertian dari Protokol PBB untuk mencegah, menekan dan menghukum pelaku tindak pidana perdagangan manusia. Pengertian Perdagangan manusia dalam protokol PBB yaitu :

1. Perekrutan, pengiriman, penampungan, pemindahan,  atau penerimaan seseorang dengan ancaman atau penggunaan kekerasan atau bentuk-bentuk lain dari pemaksaan, penculikan, penipuan, kebohongan atau menerima pembayaran atau memperoleh keuntungan agar dapat memperoleh keuntungan agar dapat memperoleh keuntungan agar dapat memperoleh persetujuan dari seseorang yang berkuasa atas orang lain, untuk tujuan eksploitasi.

2. Ekploitasi termasuk, paling tidak eksploitasi untuk melacurkan orang lain atau bentuk-bentuk lain dari eksploitasi seksual, kerja atau pelayanan paksa, perbudakan atau praktik-praktik serupa perbudakan atau praktik-praktik serupa perbudakan penghambaan atau pengambilan organ tubuh.

3. Persetujuan korban perdagangan orang terhadap eksploitasi yang dimaksud yang dikemukakan dalam subalinea (1) ini tidak relevan jika salah satu dari cara-cara yang dimuat dalam subalinea (1) digunakan.
Perekrutan, pengiriman, penampungan, pemindahan,  atau penerimaan seorang anak untuk tujuan eksploitasi dipandang sebagai perdagangan orang bahkan jika kegiatan ini tidak melibatkan satu pun cara yang dikemukakan dalam subalinea (1) pasal ini.

4. Anak adalah setiap orang yang berumur di bawah 18 tahun.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian perdagangan manusia Menurut Protokol PBB, semoga tulisan saya mengenai pengertian perdagangan manusia menurut protokol PBB dapat bermanfaat.

Sumber: Buku Hukum Perdagangan orang yang digunakan dalam penulisan ini:

- Farhana, 2010. Aspek Hukum Perdagangan Orang Di Indonesia. Yang Menerbitkan Sinar Grafika: Jakarta.
Pengertian Perdagangan Manusia
Gambar Pengertian Perdagangan Manusia

Labels: