Pengertian Hukum Agararia Menurut Ahli Hukum

Pengertian Hukum Agararia Menurut Ahli Hukum

Hukum Sumber Hukum


Jika kita bertanya apa sih sebenarnya Pengertian Hukum Agraria ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut para ahli hukum mendefinisikan pengertian hukum agraria, yaitu akan dituliskan sebagai berikut :

Pengertian Hukum Agraria menurut Prof. Subekkti, S.H ialah keseluruhan dari ketentuan hukum, dimana mengatur hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain, termasuk juga Badan Hukum dengan Bumi, Air dan Ruang Angkasa di dalam seluruh wilayah dan mengatur pula wewenang yang bersumber pada hubungan tersebut.

Prof. E Utreacht mengatakan Pengertian Hukum Agraria (hukum tanah) merupakan bagian dari Hukum Administrasi Negara, dimana mengkaji hubungan-hubungan hukum, terutama yang memungkinkan pejabat yang bertugas mengurus soal-soal Agraria.

Menurut H. Ali Achmad Chomzah, S.H Pengertian Hukum Agraria adalah kaidah-kaidah hukum yang mengatur Bumi, Air dan Ruang Agkasa serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Dari pengertian hukum agraria yang didefinisikan oleh para ahli di atas, dapat disimpulakan bahwa Pengertian Hukum Agraria adalah seperangkat aturan hukum yang mengatur hubungan-hubungan hukum dimana mencakup Bumi, Air dan Ruang Angkasa serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Sumber: Buku Hukum Agraria Yang Digunakan Dalam Penulisan Ini:

- Ali Achmad Chomzah, 2003. Hukum Agraria (Pertanahan Indonesia). Yang Menerbitkan Prestasi Pustakaraya: Jakarta.
Pengertian Hukum Agraria
Gambar Pengertian Hukum Agraria

Labels: