Hukum Perkawinan : Pengertian Hukum Perkawinan

Hukum Perkawinan : Pengertian Hukum Perkawinan

Hukum Sumber Hukum

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Hukum Perkawinan dalam pandangan hukum islam.

Pengertian Hukum Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang manusia sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karena itu Pengertian hukum perkawinan dalam Hukum Islam mempunyai nilai ibadah.

Dalam Pasal 2 Kompilasi Hukum Islam, Pengertian Hukum Perkawinan menurut Hukum Islam ialah pernikahan atau akad yang sangat kuat atau mitsqan galidzan untuk menaati perintah Allah SWT dan melaksanakannya merupakan ibadah.

Hukum Perkawinan merupakan salah satu perintah agama kepada yang mampu untuk segera melaksanakannya. Perkawinan pada dasarnya dapat mengurangi kemaksiatan, baik dalam bentuk penglihatan maupun dalam bentuk perzinaan. Orang yang berkeinginan untuk melakukan pernikahan, tetapi belum mempunyai persiapan bekal (fisik dan nonfisik) dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berpuasa. Orang berpuasa pada dasarnya akan memiliki kekuatan atau penghalang dari perbuatan tercela yang sangat keji (perzinaan).

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Hukum Perkawinan dalam islam, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum perkawinan dalam islam dapat bermanfaat.

Sumber: Buku Hukum Perdata Islam Yang Digunakan dalam penulisan ini:

- Zainuddin Ali, 2012. Hukum Perdata Islam di Indonesia. Yang Menerbitkan PT Sinar Grafika: Jakarta.
Pengertian Hukum Perkawinan
Gambar Pengertian Hukum Perkawinan

Labels: