Ekonomi Islam: Jual Beli Dalam Hukum Ekonomi Islam

Ekonomi Islam: Jual Beli Dalam Hukum Ekonomi Islam

Hukum Sumber Hukum


Pengertian jual beli terdiri dari dua suku kata yaitu "jual dan beli". Sebenarnya kata "jual" dan "beli" mempunyai arti yang satu sama lainnya bertolak belakang. Dalam hal ini kata "jual" menunjukkan bahwa adanya perbuatan menjual, sedangkan "beli" menunjukkan adanya perbuatan membeli.

Pengertian jual beli dalam Hukum ekonomi islam ialah pertukaran harta atas dasar saling rela atau memindahkan milik dengan ganti yang dapat dibenarkan (yaitu berupa alat tukar yang sah).

Dari definisi yang dikemukakan di atas, kemudian dapat disimpulkan bahwa jual beli dapat terjadi dengan cara :
1. Pertukaran harta antara dua pihak atas dasar saling rela, dan
2. memindahkan milik dengan ganti yang dapat dibenarkan yaitu berupa alat tukar yang diakui sah dalam lalu lintas perdagangan.

Dasar hukum perjanjian jual beli dalam hukum ekonomi islam ialah perbuatan hukum yang mempunyai konsekuensi terjadinya peralihan hak atas sesuatu barang dari pihak penjual kepada pihak pembeli, maka dengan sendirinya dalam perbuatan hukum ini haruslah dipenuhi rukun dan syarat sahnya jual beli.

Demkianlan tulisan saya mengenai jual beli dalam hukum ekonomi islam, semoga tulisan saya mengenai jual beli dalam hukum ekonomi islam dapat bermanfaat.

Sumber : Buku Hukum Ekonomi Islam Yang Dipakai Dalam Penulisan ini :

- Suhrawati K. Lubis, 2000. Hukum Ekonomi Islam. Yang Menerbitkan Sinar Grafika: Jakarta.
Jual Beli
Gambar Jual Beli

Labels: