Perselisihan dalam hukum ketenagakerjaan

Perselisihan dalam hukum ketenagakerjaan

Hukum Sumber Hukum


Menurut UU No. 22 Tahun 1957, Pengertian perselisihan dalam hukum ketenagakerjaan di Indonesia adalah pertentangan antara majikan atau perkumpulan majikan dengan serikat buruh atau gabungan serikat buruh berhubung dengan tidak adanya persesuaian paham mengenai hubungan kerja dan/atau keadaan perburuhan (pasal 1 angka 1 huruf c).

Berdasarkan Pengertian perselisihan dalam hukum ketenagakerjaan Indonesia yang tercantum dalam pasal 1 angka (1) huruf (c) Undang-undang Nomor 22 Tahun 1957, Perselisihan dalam hukum ketenagakerjaan dibedakan menjadi dua yaitu :
1. Perselisihan dalam hak atau rechtsgeschillen;
2. Perselisihan dalam kepentingan atau belangengeschillen.

Perselisihan hak dalam hukum ketenagakerjaan merupakan perselisihan yang timbul karena salah satu pihak dalam perjanjian kerja atau perjanjian perburuhan tidak memenuhi isi perjanjian, peraturan mejikan atau perundang-undangan.

Sedangkan, Perselisihan kepentingan dalam hukum ketenagakerjaan ialah pertentangan antara majikan atau perkumpulan majikan dengan serikat buruh karena tidak adanya persesuaian paham mengenai syarat-syarat kerja dan/ atau keadaan perburuhan.

Buku Hukum Ketenagakerjaan yang dipakai dalam penulisan ini :

- Abdul Rachmad Budiono, 1995. HUKUM PERBURUHAN DI INDONESIA. Yang menerbitkan PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hukum Ketenagakerjaan
Gambar Hukum Ketenagakerjaan

Labels: