Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Hukum Sumber Hukum

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian partai politik menurut para ahli di indonesia.

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli, Sebagai berikut :
Pengertian Partai Politik di Indonesia menurut pendapat Mac. Iver merumuskan partai politik sebagai perkumpulan yang diorganisasikan untuk mendukung suatu asas atau perumusan kebijaksanaan yang menurut saluran-saluran konstitusi dicoba menjadikannya sebagai dasar penentu bagi pemerintahan.

R.H Soltau mengemukakan Pengertian Partai Politik adalah suatu golongan rakyat yang tersusun yang bertindak sebagai suatu kesatuan politik dan dengan penggunaan kekuasaan hak dan memberikan suara bertujuan untuk mengawasi pemerintah dan melaksanakan politik untuk mereka.

Sigmund Neumann memberikan gambaran mengenai Pengertian Partai Politik ialah sebagai oraganisasi-organisasi artikulatif yang terdiri dari pelaku-pelaku politik yang aktif dalam masyarakat yaitu mereka yang memusatkan perhatiannya pada pengendalian pemerintah dan yang bersaing untuk memperoleh dukungan rakyat, dengan beberapa kelompok lain yang mempunyai pandangan yang berbeda.

Secara umum Pengertian Partai Politik adalah sekelompok anggota masyarakat yang terorganisir secara teratur berdasarkan ideologi/ program dimana ada keinginan para pimpinannya untuk merebut kekuasaan negara terutama eksekutif melalui yang terbaik. 


| Klasifikasi Partai Politik |

Partai politik massa, yaitu partai politik yang selalu mendasarkan kekuatannya pada jumlah anggotanya, dalam hal ini hubungan antara sesamanya agak longgar.


Partai politik Kader, ialah Partai politik yang mementingkan loyalitas dan disiplin anggotanya. Tidak perlu jumlahnya banyak yang kalu perlu loyal & disiplin. Oleh sebab itu untuk menjadi anggota apalagi pimpinan memerlukan saringan yang ketat demikian juga sanksi tegas terhadap anggota pimpinan yang menyeleweng.

Demikianlah Pembahasan mengenai Pengertian Partai Politik menurut Para Ahli dalam tulisan ini, semoga tulisan saya mengenai Pengertian Partai Politik menurut Para Ahlidapat bermanfaat

Buku Hukum Politik yang dipakai dalam penulisan ini :

- Abu Daud Busroh, 2009. ILMU NEGARA. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara: Jakarta.
Pengertian Partai Politik
Gambar Pengertian Partai Politik

Labels: