Apa itu Pengertian Hukum waris menurut Islam ?

Apa itu Pengertian Hukum waris menurut Islam ?

Hukum Sumber Hukum

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian hukum waris menurut islam.

Dalam beberapa literatur Hukum Islam ditemui beberapa istilah untuk menamakan Hukum Waris Islam, seperti fiqh mawaris, ilmu faraidh dan hukum kewarisan. Perbedaan dalam penamaan ini trjadi karena perbedaan arah yang dijadikan titik utama dalam pembahasan.

Pengertian Hukum Waris Menurut Islam adalah suatu disiplin ilmu yang membahas tentang harta peninggalan, tentang bgaimana proses pemindahan, siapa saja yang berhak menerima bagian harta warisan / peninggalan itu serta berapa masing-masing bagian harta waris menurut hukum waris islam.

Prof. T.M. Hasby As-Shid dalam bukunya hukum islam yang berjudul fiqh mawaris (Hukum Waris Islam) telah memberikan pemahaman tentang pengertian hukum waris menurut islam ialah :
"Ilmu yang dengan dia dapat diketahui orang-orang yang menjadi ahli waris dalam islam, orang yang tidak dapat mewarisi harta warisan menurut islam, kadar yang diterima oleh masing-masing ahli waris dalam islam serta cara pengambilannya".

Hukum Waris Islam  kadang-kadang disebut juga dengan istilah Al-Faraidh bentuk jamak dari kata fardh, yg artinya kewajiban dan atau bagian tertentu. Apabila dihubungkan dngan ilmu, menjadi ilmu faraidh, maksudnya ialah ilmu untuk mengetahui cara membagi harta waris orang yang telah meninggal dunia kepada yang berhak menerimanya menurut hukum islam. Di dalam ketentuan Hukum Waris Menurut Islam yang terdapat dalam Al-quran lebih banyak yang ditentukan dibandingkan yang tidak ditentukan bagiannya.

Dalam literatur hukum di Indonesia digunakan pula beberapa nama keseluruhannya mengambil dari bahasa Arab, yaitu waris, warisan, pustaka dan hukum kewarisan. Yang menggunakan nama Hukum Waris Islam, memandang kepada orang yang berhak menerima harta waris menurut islam, yaitu yang menjadi subjek dari hukum  ini. Adapaun menggunakan nama warisan islam memandang kepada harta warisan yang menjadi objek dari hukum ini.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum waris menurut islam, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum waris menurut islam dapat bermanfaat.

Buku Hukum waris Islam yang digunakan dalam penulisan ini :

- Moh. Muhibbin dan Abdul Wahid, 2009. Hukum Kewarisan Islam Sebagai Pembaruan Hukum Positif Di Indonesia. Yang Menerbitkan Sinar Grafika: Jakarta.
Hukum Waris Islam
Gambar Hukum Waris Islam

Labels: