Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli

Hukum Sumber Hukum

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian hukum tata negara menurut para ahli.

Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli, sebagai berikut :
Pengertian Hukum Tata Negara adalah himpunan peraturan-peraturan tertentu yang menjadikan negara dapat berfungsi. Sehingga peraturan-peraturan itu mengatur hubungan-hubungan hukum antar warga negara dengan pemerintahnya. Akan tetapi di sini tidak termasuk himpunan peraturan-peraturan mengenai pengadilan perdata dan pengadilan pidana.

Mr.Drs.E. Utercht dalam bukunya "Pengantar Hukum Tata Usaha Negara Indonesia", memberikan  gambaran mengenai Pengertian Hukum Tata Usaha Negara ialah (hukum administrasi, hukum pemerintahan) menguji perhubungan-perhubungan hukum istimewa yang diadakan akan memungkinkan para pejabat (ambtsdragers) (tata usaha negara, administrasi) melakukan tugas mereka yang istimewa.

Menurut Prof.Dr.J.H.A. Logemann dalam bukunya staatsrecht van Nederlands Indie, memberikan definisi dari Pengertian Hukum Tata Negara adalah hukum tersebut mengatur hubungan-hubungan hukum dengan warga masyarakat dan antara alat pemerintahan yang satu dengan yang lainnya, serta dipertahankan dan diberi sanksi oleh pemerintah sendiri.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengertian Hukum Tata Negara berarti himpunan peraturan perundang-undangan yang mengatur hubungan-hubungan hukum antara pemerintah (Tata Usaha Negara) dengan warga negaranya; sehingga dengan demikian para pejabat pemerintahan (ambtsdragers) dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Akan tetapi dalam hal ini tidak termasuk peraturan perundang-undangan yang mengatur mengebai peradilan baik pengadilan hukum perdata maupun pengadilan hukum pidana.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum tata negara menurut para ahli dalam tulisan ini, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum tata negara menurut para ahli dapat bermanfaat.

Buku Hukum Tata Negara Yang Dipakai dalam Penulisan ini :

- R. Atang Ranumihardja, 1989. Hukum Tata Usaha Negara dan Peradilan Tata Usaha Negara di Indonesia. Penerbit Tarsito: Bandung.
Pengertian Hukum Tata Negara
Gambar Pengertian Hukum Tata Negara

Labels: