Pengertian Hukum Pidana islam

Pengertian Hukum Pidana islam

Hukum Sumber Hukum


Pengertian hukum pidana islam diartikan dari terjemahan kata fiqh jinayah. Pengertian hukum pidana islam adalah segala ketentuan hukum mengenai tindak pidana atau perbuatan kriminal yang dilakukan oleh orang-orang mukallaf (orang yang dapat dibebani kewajiban), sebagai hasil dari suatu pemahaman dalil-dalil hukum yang terperinci dari Alquran dan hadis. Tindakan kriminal yang dimaksud dalam hukum pidana islam ialah tindakan-tindakan kejahatan yang mengganggu ketentraman umum serta tindakan melawan peraturan perundang-undangan yang bersumber dari alquran dan hadis.

Pengertian hukum pidana islam merupakan syariat Allah yang mengandung kemaslahatan bagi kehidupan manusia baik di dunia maupun akhirat. Syariat islam yang dimaksud, secara materil mengandung kewajiban asas bagi setiap manusia untuk melaksanakannya. Konsep kewajiban asasi syariat, yang berarti menempatkan Allah sebagai pemegang dari segala hak, baik itu yang ada pada diri sendiri maupun yang ada pada diri orang lain. Setiap orang hanya pelaksana dari kewajiban yang diperintahkan Allah. Perintah Allah yang dimaksud, harus diamalkan untuk kemaslahatan dirinya dan orang lain.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum pidana islam, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum pidana islam dapat bermanfaat.

Buku Hukum Pidana Islam Yang dipakai dalam penulisan ini:

- Zainuddin Ali, 2009. Hukum Pidana Islam. Yang menerbitkan Sinar Grafika: Jakarta.
Pengertian Hukum Pidana Islam
Gambar Pengertian Hukum Pidana Islam

Labels: