Pengertian Hak Merek Dagang

Pengertian Hak Merek Dagang di Indonesia

Hukum Sumber Hukum

Berbicara mengenai apa itu Pengertian Hak Merek Dagang ?, Pengertian Hak Merek Dagang sebagaimana diatur dalam UU merek meliputi hak merek dagang dan hak merek jasa.

Walaupun dalam UU Hak Merek digunakan istilah hak merek dagang dan hak merek jasa, sebenarnya yang dimaksud dengan Pengertian Hak Merek Dagang adalah hak merek barang karena merek yang digunakan pada barang dan digunakan dan digunakan sebagai lawan dari hak merek jasa. Hal itu dapat di lihat dari pengertian hak merek dagang dan hak merek jasa sebagai berikut :

Pengertian Hak Merek Dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang yang sejenis lainnya.

Pengertian Hak merek Jasa ialah hak merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.


Apabila suatu hak merek dagang digunakan secara sah, yakni melakukan pendaftaran hak merek maka kepada pemilik hak merek tersebut akan diberi hak atas merek dagang.

Hak atas merek dagang adalah hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik yang melakukan pendaftaran hak merek dagang yang terdaftar dalam Daftar Umum Hak Merek Dagang untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri hak merek dagang tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.
Kecuali secara tegas dinyatakan lain, yang dimaksud dengan pihak dalam UU Hak Merek Dagang adalah seseorang, beberapa orang secara bersama-sama, atau badan hukum.

Hal ini berarti satu Hak merek dagang dapat dimiliki oleh satu orang atau lebih atau badan hukum. Bahkan menurut Prof. Dr. Ahmadi Miru walaupun dalam UU hak merek tidak secara tegas menentukan bahwa satu hak merek dapat dimiliki secara bersama-sama oleh lebih dari satu badan hukum, hal tersebut tetap dibolehkan karena status hukum dari suatu badan hukum adalah sama dengan orang.

Hak Merek Dagang dinyatakan sebagai hak ekslusif karena hak merek dagang tersebut merupakan hak merek dagang yang sangat pribadi bagi pemiliknya dan diberi hak untuk menggunakan sendiri atau memberi izin kepada orang lain untuk menggunakan sebagaimana ia sendiri menggunakannya.

Pemberian izin oleh pemilik hak merek dagang kepada orang lain ini berupa pemberian lisensi, yakni memberikan izin kepada orang lain untuk jangka waktu tertentu menggunakan hak merek dagang tersebut sebagaimana ia sendiri menggunakannya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hak merek dagang dalam tulisan ini, semoga tulisan saya mengenai pengertian hak merek dagang dapat bermanfaat.

Buku Hukum Hak merek dagang yang digunakan dalam penulisan ini :

- Ahmadi Miru, 2005. HUKUM MEREK (Cara Mudah Mempelajari Undang-undang Merek). Penerbit Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Pengertian Merek Dagang
Gambar Pengertian Merek Dagang

Labels: