Sumber Hukum Islam Tabaiyah : Qaul

Sumber Hukum Islam Tabaiyah : Qaul (pendapat) Sahabat

Hukum Sumber Hukum

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai Qaul (pendapat) sebagai sumber hukum islam Tabaiyah.

Sumber hukum islam Tabaiyah adalah kebalikan dari sumber hukum islam Ashliyah. Yang dimaksud dengan sumber hukum islam Tabaiyah adalah sumber hukum islam yang penggunaannya masih bergantung pada sumber hukum islam yang lain. Sumber hukum islam ini jumlahnya banyak, tetapi yang umum digunakan/ banyak digunakan terbatas pada Ijma, Qaul (pendapat) Sahabat Qias, Ishtihsan, Istihslah dan Urf disamping Al-Quran dan Hadis.

Keberadaan sahabat nabi menjadi penting setelah Nabi Muhammad SAW meninggal, dimana terjadi peristiwa dan kejadian baru yang menuntut adanya fatwa hukum dan penjelasan hukum syariat islam. Diantaranya sahabat yang terkenal ilmu dan fiqhnya memberikan jawaban terhadap peristiwa dan kejadian yang baru muncul itu berupa fatwa atau pendapat. Hal inilah yang kemudian dikenal sebagai Qaul (pendapat sahabat) yang meruapakan salah satu dari sumber hukum islam tabaiyah, yang kemudian dipakai sebagai dalil (hujjah) oleh sebagian ahli hukum islam (ulama) yang lain.

Para ahli hukum islam (ulama) yang menjadikan Qaul (pendapat sahabat) sebagai salah satu sumber hukum islam didasarkan pada :
1. Penegasan Al-Quran, dimana Allah SWT telah berfirman bahwa Allah telah ridha kepada mereka (sahabat Nabi), dan mereka pun ridha kepada Allah (At-Taubah:100). Sehingga berpegang pada pendapat sahabat, berarti mengikuti mereka dan mendapat ridha dari Allah SWT.
2. Penegasan Hadis, yang antara lain berbunyi "Saya adalah pengaman bagi sahabatku, dan sahabatku adalah pengaman bagi ummatku dan sahabat adalah laksana bintang. Dengan siapa saja (diantara mereka) kamu mengikuti, maka kamu akan mendapat petunjuk. Hadis ini menunjukkan ketinggian kedudukan dan bolehnya mengikuti sahabat Nabi. Menurut Ibnu Qayyim, para sahabat mempunyai kecerdasan dan kecerdikan yang tidak kita memiliki. Para sahabat juga memiliki keistimewaan, yakni mendengar secara langsung dari Nabi atau dari sahabat lain yang datang dari Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah pembahasan mengenai Qaul sebagai sumber hukum islam Tabaiyah, semoga tulisan saya mengenai Qaul sebagai sumber hukum islam dapat bermanfaat.

Sumber: Buku dalam penulisan Qaul sebagai sumber hukum islam Tabaiyah:

- M.Arifin Hamid, (2011). HUKUM ISlAM Perspektif Keindonesiaan (Sebuah Pengantar dalam Memahami Realitasnya di Indonesia). PT.UMITOHA GRAFIKA : Makassar.
Sumber Hukum Islam Tabaiyah
Gambar Sumber Hukum Islam Tabaiyah

Labels: