Pengertian Hukum

Pengertian Hukum

Hukum Sumber Hukum


Apakah hukum itu sebenarnya? Untuk memberikan jawaban ini tidaklah mudah, karena hingga kini antara para serjana sendiri belum ada kata sepakat tentang perumusan pengertian ini. Hingga kini para ahli hukum belum juga dapat menemukan sesuatu definisi yang tepat dan tidak tersalahkan untuk pengertian hukum, tertera juga dari keterangan seorang ahli hukum Kant yang mengatakan :

"Noch suchen die Juristen eine Definition zu ihren Begriffe von Recht" artinya, "para ahli hukum masih juga mencari sesuatu atas sesuatu", suatu perumusan bagi seseorang yang bukan ahli juga sukar dimengerti. Hampir semua ahli-ahli hukum apabila memberikan definisi tentang hukum selalu berbeda. Ini disebabkan karena banyaknya segi, banyaknya bentuk dan kebesaran daripada hukum seperti yang dinyatakan oleh sarjana hukum Apeldoorn, ialah disebabkan karena begitu banyak lapangannya, bentuknya dan kebesarannya dari pengertian hukum. untuk keperluan kita, akan dipergunakan definisi yang tercantum dalam bukunya Van Kan yang menyatakan :

"Hukum adalah kesatuan dalil-dalil dalam penghidupan yang diadakan untuk melindungi kepentingan manusia dalam penghidupannya".

Dalam Pengertian ini dipergunakan istilah kesatuan dalil-dalil. Maka dengan dalil-dalil ini yang dimaksudkan ialah dalil hidup atau norma seperti yang diuraikan di muka. Maka dengan dalil-dalil secara luas termasuk pula keempat norma itu (Norma susila, norma agama, norma kesopanan dan norma hukum).

Buku Hukum yang digunakan dalam penulisan ini :

- Achmad Ichsan, 1967. HUKUM PERDATA IA. PT Pembimbing Masa: Jakarta.
Pengertian Hukum
Gambar Pengertian Hukum

Labels: