Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Hukum

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Hukum

Hukum Sumber Hukum

Tulisan kami yang pertama ini akan membahas tentang pengertian hukum menurut para ahli hukum. Terdapat beberapa pengertian hukum dalam tulisan ini yang diungkapkan para ahli hukum, antara lain : Pengertian hukum menurut prof Achmad Ali, pengertian hukum menurut Lawrence M.Friedman dan pengertian hukum menurut Donald black.


Pengertian Hukum Menurut Prof. Achmad Ali


Pengertian Hukum menurut Prof Achmad Ali, beliau mengemukakan bahwa : "Pengertian Hukum adalah seperangkat kaidah atau aturan yang tersusun dalam satu sistem, yang menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia sebagai warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, yang bersumber dari sumber lain, yang diakui berlakunya oleh otoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, serta benar-benar diberlakukan oleh warga masyarakt (sebagai satu keseluruhan) dalam kehidupannya, dan jika kaidah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan bagi otoritas tertinggi untuk menjatuhan sanksi yang bersifat eksternal".


Pengertian Hukum Menurut Lawrence M.Friedman


Pengertian Hukum menurut Lawrence M.Friedman bahwa Pengertian Hukum sebagai sistem tidak saja merupakan serangkaian larangan atau perintah, akan tetapi lebih dari itu sebagai serangkaian aturan yang bisa menunjang, meningkatkan, mengatur dan menyuguhkan cara untuk mencapai tujuan (Jurnal Keadilan, vol 2 No. 1 2002:1). Karena itu, pengertian hukum tidak saja mengacu pada peraturan tertulis atau kontrol sosial resmi dari pemerintah, tetapi juga menyangkut peraturan tidak tertulis yang hidup di tengah masyarakat (living law).


Pengertian Hukum Menurut Pandangan Donal Black

Pengertian Hukum menurut Donald Black adalah hukum yang diartikan sebagai kaidah atau seperangkat peraturan yang memiliki sifat mengikat dan bersanksi (1984: 5-14). Donald Black memandang bahwa pengertian hukum dalam pandangan modern diartikannya sebagai kontrol sosial dari pemerintah (law is governmental social control). Kekuasaan negara atau pemerintah dalam mengontrol dan mengendalikan kehidupan sosial warganya itulah yang dimaksudkan sebagai hukum. Hukum dimaksudkannya sebagai sistem kontrol sosial yang di dalamnya diatur tentang struktur, lembaga dan proses kontrol sosial.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum menurut para ahli hukum dalam tulisan ini, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum menurut para ahli hukum dapat bermanfaat.

Sumber: Buku Hukum yang dipakai dalam penulisan Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Hukum :

- M.Arifin Hamid, (2011). HUKUM ISlAM Perspektif Keindonesiaan (Sebuah Pengantar dalam Memahami Realitasnya di Indonesia). PT.UMITOHA GRAFIKA : Makassar.
Pengertian Hukum
Gambar Pengertian Hukum

Labels: