Pengertian Hukum Dagang

Pengertian Hukum Dagang di Indonesia

Hukum Sumber Hukum


Hukum dagang merupakan suatu jenis khusus daripada hukum perdata. Berhubungan dengan itu, hukum dagang tidak dijumpai hak dalam KUH. Dagang melainkan pula dalam KUH Perdata (misalnya soal perjanjian "jual-beli" dan sebagiannya) dan dalam undang-undang.

Pasal 1 KUH Dagang menyatakan : KUH perdata berlaku bagi masalah-masalah yang diatur dalam KUH Dagang, kecuali jika dalam KUH Dagang ditetapkan peraturan-peraturan khusus yang menyimpang dalam KUH Perdata".

Di zaman dahulu seorang pedagang mempunyai kepentingan yang berbeda dengan yang bukan pedagang. Kini keadaan telah berubah dan perbedaan antara tindak perdata khusus dan tindak dagang begitu jelas, sehingga undang-undang mengecilkan perbedaan ini. Undang-undang kepailitan umpamanya tidak mengadakan perbedaan antara pedagang dan bukan pedagang.

Perubahan terpenting dibuat dalam undang-undang No. 276 L.N. 1938, yang menghapuskan perbedaan tindak dagang dan tindak perdata, pedagang dan bukan pedagang dan menggantinya dengan pengusaha dan bukan pengusaha. Karena peraturan baru ini, maka perbedaan antara hukum perdata khusus dan hukum dagang dalam arti yang tegas dan tidak ada lagi.

Buku Hukum Perdata yang digunakan dalam penulisan ini :

- Achmad Ichsan, 1967. HUKUM PERDATA IA. PT Pembimbing Masa: Jakarta.
Pengertian Hukum Dagang
Gambar Pengertian Hukum Dagang

Labels: