Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut para Ahli

Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut para Ahli

Hukum Sumber Hukum


Hukum materil di negara kita, baik yang termuat dalam suatu bentuk perundang-undangan maupun yang tidak tertulis, merupakan pedoman atau pegangan ataupun penuntutan bagi seluruh warga masyarakat dalam segala tingkah lakunya di dalam pergaulan hidup, baik itu perseorangan, masyarakat maupun dalam bernegara, apakah yang dapat ia lakukan dan apa yang tidak boleh ia lakukan. Ketentuan-ketentuan tersebut misalnya antara lain, "tidak boleh mencuri barang orang lain, tidak boleh mengganggu hak orang lain, ataupun tidak boleh kita berbuat dalam melaksanakan hak kita secara sewenang-wenang tanpa memperhatikan hak orang lain, dan sebagainya".

Menurut Prof. Dr. Sudikno Mertukusumo, S.H., Pengertian Hukum Acara Perdata adalah peraturan hukum yang mengatur bagaimana caranya menjamin ditaatinya hukum perdata materil dengan perantaraan Hakim.

Dengan demikian dapatlah disimpulkan disini, bahwa pengertian hukum acara perdata adalah rangkaian peraturan-peraturan yang membuat acara bagaimana orang harus bertindak terhadap dan di muka pengadilan dan cara bagaimana pengadilan itu harus bertindak, satu sama lain untuk melaksanakan berjalannya peraturan-peraturan hukum perdata.

Dengan melihat pengertian di atas maka jelaslah bahwa pengertian hukum acara perdata tersebut dapat pula diartikan sebagai rangkaian peraturan-peraturan hukum tentang cara-cara memelihara dan mempertahankan hukum perdata materil. Perkataan hukum perdata ini haruslah diberi pengertian yang luas, artinya di sini meliputi pula hukum dagang.

Dalam hukum acara perdata itu sendiri tidak ada kita jumpai ketentuan yang dengan tegas melarang tindakan menghakimi sendiri. Tapi hukum acara perdata ini memberikan jalan atau petunjuk pada orang-orang (pihak) bagaimana cara menyelesaikan suatu perkara yang sedang ia hadapi dengan melalui jalur hukum. Sehingga dengan pengetahuan tentang acara ini, maka diharapkan para pihak akan menyelesaikan perkaranya dengan jalur hukum sesuai dengan cara yang telah ditentukan dalam hukum acara yang bersangkutan.

Buku Hukum acara perdata yang dipakai dalam penulisan ini :

- M. Nur Rasaid, 2008. HUKUM ACARA PERDATA. Sinar Grafika: Jakarta.
Pengertian Hukum Acara Perdata
Gambar Pengertian Hukum Acara Perdata

Labels: