Hukum Perdata Materil

Hukum Perdata Materil

Hukum Sumber Hukum


Hukum perdata materil adalah suatu kumpulan daripada peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak dan kewajiban keperdataan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain.

Hukum perdata seperti yang disebutkan diatas, dapat disimpulkan bahwa di dalam hubungan bermasyarakat antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya diperlukan adanya suatu peraturan atau kaidah agar tercipta adanya ketertiban. Peraturan atau kaidah yang ada dalam masyarakat baik yang tertulis maupun tidak tertulis sangatlah dibutuhkan dalam suatu pergaulan maupun bisnis, yang mana pada umumnya peraturan atau kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman oleh masyarakat untuk menjali hubungan antara pihak yang satu dengan pihak lainnya.
Misalnya :
Perjanjian sewa-menyewa, perjanjian pemborongan kerja, perjanjian hutang-piutang, perjanjian jaminan, perjanjian jual-beli, perjanjian gadai dan sebagainya.


Hukum perdata materil dimana dalam praktik untuk menjaga hubungan antara pihak yang satu dengan pihak lainnya agar tidak timbul suatu permasalahan dan atau sengketa selain diperlukan adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hubungan tersebut juga harus dilaksanakan secara bersama-sama dan tidak diperbolehkan dilaksanakan secara sendiri-sendiri demi untuk menghindari adanya tindakan kesewenang-wengan dan atau ei-genrichting yang dilakukan oleh salah satu pihak dalam suatu hubungan keperdataan.
Misalnya :
Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Kitab Undang-undang Hukum Pidana, HIR, RBg., Kitab Undang-undang Hukum Dagang, Peraturan Perundang-undangan Tentang Hak Cipta, Hak Merk, Hak Paten, Perseroan Terbatas (PT), Undang-undang tentang kepailitan dan lain sebagainya.

Buku Hukum Perdata yang dipakai dalam penulisan ini :

- Sarwono, 2012. HUKUM ACARA PERDATA Teori dan Praktik. Sinar Grafika: Jakarta.
Hukum Perdata Materil
Gambar Hukum Perdata Materil

Labels: