Pengertian Hukum Administrasi Negara

Apakah itu Pengertian Hukum Administrasi Negara ?

Hukum Sumber Hukum


Apa itu Pengertian hukum pemerintahan (bestuursrecht) ? Apakah hukum untuk pemerintahan ataukah hukum dari pemerintahan ? Dengan kata lain, apakah hukum ini diletakkan oleh pemerintah? Pertanyaan-pertanyaan in dikemukakan oleh A.M. Donner, pada halaman-halaman awal bukunya. Guna memahami secara lebih mendalam terhadap hukum administrasi negara ini, pertayaan-pertanyaan itu harus diberikan jawaban sebaik-baiknya. Untuk dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, terlebih dahulu dikemukakan mengenai Pengertian Hukum Administrasi Negara yang dikemukakan oleh para sarjana berikut ini.
1. Apabila kita, mengawali pengantar hukum administrasi negara secara umum--berupaya untuk memahami konsep tertentu, pertama-tama kita batasi pada term 'hukum administrasi negara'. Apa isi bagaian hukum ini ?. Kita dapat menetapkan bahwa Pengertian hukum administrasi negara merupakan bagian dari hukum publik... Hukum administrasi negara dapat dipahami sebagai peraturan-peraturan {dari hukum publik} yang berkenaan dengan pemerintahan umum.

2. Untuk menemukan definisi yang baik mengenai istilah "hukum administrasi negara", pertama-tama harus ditetapkan terlebih dahulu bahwa hukum administrasi negara merupakan bagian dari hukum publik tersebut, yakni hukum yang mengatur segala tindakan pemerintah dan mengatur hubungan antara pemerintah dengan warga negara atau hubungan antar organ pemerintahan... Hukum administrasi negara memuat keseluruan peraturan yang berkenaan dengan cara bagaimana orga pemerintahan melaksanakan tugasnya. Jadi dapat dikatakan hukum administrasi negara berisi aturan main yang berkenaan dengan fungsi organ-organ pemerintahan.

3. Hukum administrasi negara atau hukum tata pemerintahan--Pada dasarnya dapat dibedakan berdasarkan tujuannya dari hukum tata negara- memuat peraturan-peraturan hukum yang menentukan {tugas-tugas yang dipercayakan} kepada organ-organ pemerintahan itu, menentukan tempatnya dalam negara, dan peraturan-peraturan hukum yang mengatur tindakan-tindakan organ pemerintahan itu.
Pendapat kami adalah bahwa hukum administrasi negara berkenaan dengan organisasi dan fungsional pemerintahan umum dalam hubungannya dengan masyarakat.

4. Hukum administrasi negara, hukum tata pemerintahan adalah keseluruhan hukum yang berkaitan dengan {mengatur} administrasi, pemerintah & pemerintahan. Secara global dikatakan, hukum administrasi negara didefinisikan sebagai instrumen yuridis yang digunakan oleh pemerintah untuk secara aktif terlibat dalam kehidupan kemasyarakatan, dan juga disisi yang lain hukum administrasi negara merupakan hukum yang dapat digunakan oleh anggota masyarakat untuk memengaruhi dan memperoleh perlindungan dari pemerintahan. Jadi hukum administrasi negara memuat peraturan mengenai aktivitas pemerintahan.

5. Hukum administrasi negara meliputi peraturan-peraturan yang berkenaan dengan administrasi tersebut. Administrasi artinya sama dengan pemerintahan. Oleh karena itu, dalam hukum administrasi negara disebut juga hukum tata pemerintahan. Perkataan/ ucapan pemerintahan dapat juga disamakan dengan kekuasaan eksekutif, artinya pemerintahan adalah bagian dari organ dan fungsi-fungsi pembuat undang-undang dan peradilan.

6. Hukum administrasi negara atau hukum tata pemerintahan berisi peraturan-peraturan yang berkenaan dengan pemerintahan umumnya termasuk dalam cakupan hukum administrasi negara sebab ada peraturan yang menyangkut pemerintahan umum, tetapi peraturan tersebut tidak termasuk dalam hukum administrasi negara, akan tetapi masuk pada lingkup hukum tata negara.

7. Hukum administrasi negara berarti seperangkat peraturan yang memungkinkan administrasi negara menjalankan fungsinya, yang juga sekaligus melindungi warga terhadap sikap tindak administrasi negara dan melindungi administrasi negara itu sendiri.

8. Hukum administrasi negara sebagai menguji hubungan hukum istimewa yang diadakan akan memungkinkan para pejabat (ambtsdrager) administrasi negara melakukan tugas mereka yang khusus.

9. Utrecht menyebutkan juga bahwa hukum administrasi negara adalah hukum yang mengatur sebagian lapangan pekerjaan administrasi negara. Bagian lain yang dimuat dalam hukum tata negara (hukum negara dalam arti yang sempit), hukum privat & sebagainya.


Berdasarkan beberapa definisi diatas, sehingga nampak bahwa dalam Pengertian hukum administrasi negara terkandung dua aspek, yaitu pertama, aturan-aturan hukum yang mengatur dengan cara bagaimana alat-alat perlengkapan negara itu melakukan tugasnya; kedua, aturan-aturan hukum yang mengatru hubungan hukum atau pemerintahan dengan para warga negaranya.

Seiring dengan perkembangan tugas-tugas pemerintahan, khususnya dalam ajaran welfare state, memberikan kewenangan yang sangat luas bagi administrasi negara termasuk kewenangan dibidang legislasi, maka peraturan-peraturan hukum yang dalam hukum administrasi negara , disamping dibuat oleh lembaga legislatif, yang juga ada peraturan2 yang dibuat secara mandiri oleh administrasi negara. Sehingga untuk menjawab pertanyaan yang diajukan diatas apakah itu hukum administrasi negara ? , dapat diberikan jawaban bahwa Pengertian hukum administrasi negara ialah hukum dan peraturan-peraturan yang berkenaan dengan pemerintah dalam arti sempit atau administrai negara, peraturan-peraturan tersebut dibentuk oleh lembaga legislatif untuk mengatur tindakan pemerintahan dalam hubungannya dengan warga negara, dan sebagai bagian peraturan-peraturan itu dibentuk pula oleh administrasi negara itu. Pembentukan peraturan-peraturan oleh administrasi negara atau pemerintah merupakan sesuatu yang tak dapat dihindari dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan dalam suatu negara hukum yang modern, dengan alasan-alasan teoritis dan praktik.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hukum administrasi negara, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum administrasi negara dapat bermanfaat.

Buku Hukum Administrasi Negara yang dipakai dalam penulisan ini :

- Ridwan HR, 2006. HUKUM ADMINISTRASI NEGARA. yang menerbitkan PT RAJA GRAFINDO PERSADA: JAKARTA.
Pengertian Hukum Administrasi Negara
Gambar Artikel Pengertian Hukum Administrasi Negara

Labels: